Seminar Geothermal 1


Medan: Indonesia memiliki potensi energi panas bumi terbesar di dunia, yaitu sebesar 40% dari total cadangan Panasbumi dunia. Keterdapatan energi panas bumi tidak lepas dari tataan geologi Indonesia dalam dua juta tahun terakhir. Tataan geologi ini berupa interaksi antara tiga lempeng, yaitu lempeng benua Eurasia, lempeng samudera Hindia-Australia, dan lempeng samudera Pasifik, yang membentuk rangkaian gunung api sebagai tempat sumber panas bumi. Rangkaian gunung api sepanjang 6.000 km, terpanjang diantara Negara-negara yang memiliki potensi energi panas bumi juga, menjadikan Indonesia pemilik potensi energi panas bumi terbesar di dunia, yaitu sebesar 40% dari total cadangan Panasbumi dunia.

 

Dengan potensi yang sangat besar tersebut, maka SM-IAGI ITM merasa mempunyai peluang besar untuk ikut serta dalam membantu dalam eksplorasi dan pengembangan panasbumi yang tersebar diseluruh  nusantara. Oleh sebab itu pada tanggal 19 januari 2016 SM-IAGI ITM mengadakan Kuliah umum panasbumi. Ini merupakan salah satu program kerja dari SM-IAGI ITM periode 2015-2016 yang dimana kuliah umum panas bumi ini merupakan program kerja pertama yang dilakukan dalam kepengurusan ini.

 

Pada kuliah umum ini yang menjadi narasumber ialah bapak Hary Koestono (Senior Geologist PT. Pertamina Geothermal Energy). Tema yang akan dibawakan pada kesempatan ini ialah “Eksplorasi dan Pengembangan Panasbumi Di Indonesia”,


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Seminar Geothermal